Sabtu, 20 September 2008

3 musuh utama orang percaya

Setelah kita mengambil keputusan untuk percaya kepada Yesus Kristus , (Mengalami kelahiran baru dan mengalami pembenaran ) apa langkah kita selanjutnya ?

Jangan tinggal diam!

Untuk hidup baru dan bertumbuh di dalam Kristus (Kolose 2: 6-7), kita memerlukan makanan rohani dan perlindungan dari saudara2 seiman , misalnya mengikuti FA, mengikuti PD dan aktif dalam kegiatan gereja.

Musuh-musuh lama kita tidak tinggal diam dan menggunakan segala cara. Kita perlu tahu dan sangat wajib untuk mengetahui siapa dan apa apa saja musuh-musuh lama orang yang sudah bertobat dan hidup baru:

Ada 3 musuh:

1 iblis

2. Dunia (lingkungan)

3. hawa nafsu (kedagingan) – ke akuan , ego diri sendiri diutamakan

Mari kita kupas dan telaah satu persatu musuh-musuh tersebut.

  1. IBLIS, telah mengalami kekalahan hebat semenjak kita memproklamirkan untuk hidup baru dan menjadi mempelai Kristus, tidak tinggal diam dan selalu menggoda, menyesatkan dalam doa dan menabur benih keragu-raguan , tapi tak dapat merampas keselamatan yang sudah diwariskan Allah untuk kita miliki.

SOLUSInya: kita harus mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah untuk menghadapi yang satu ini ( Efesus 6: 11- 18)

  1. DUNIA, biasanya godaan kekayaan, kekuasaan dan segala kesenangan yang bersifat sementara yang ujungnya adalah menimbulkan dosa.
  2. HAWA NAFSU, kecenderungan jahat pada diri manusia, iri hari , sombong, serakah dan segala keinginan lama yang berbau kebusukan dosa.

Fiman Tuhan dalam Yeremia 18 : 1-4 menyatakan bahwa orang yang jatuh dalam dosa diumpakan sebuah bejana yang jatuh dan rusak, Tapi tukang periuk akan membentuknya kembali menjadi bejana lain yang menurut apa yang baik pada pemandangannya.