Minggu, 18 Oktober 2009

Ketaatan pada Tuhan adalah perlu

Kita juga dapat melihat bahwa sikap ketaatan dapat menghasilkan sesuatu yang destruktif. Kini cukup banyak orang yang begitu taat kepada pemimpinnya sehingga mereka bersedia untuk melakukan berbagai perbuatan yang menyengsarakan sesamanya. Karena sangat taat kepada seorang pemimpin rohani, maka seseorang bersedia melakukan berbagai hal yang bertentangan dengan pikiran sehat. Mereka rela menjual harta benda mereka untuk kepentingan pemimpin. Mereka juga bersedia menyerahkan istri dan anak-anak mereka sebagai “persembahan” karena pemimpin menghendaki demikian. Beberapa orang juga bersedia menjadi pelaku bom bunuh diri karena pemimpin telah mengajar dan memerintahkan mereka untuk melakukannya. Bukankah mereka juga taat secara total kepada pemimpinnya? Ketaatan total saja ternyata tidaklah cukup. Sebab ketaatan total yang dilakukan tanpa tujuan yang murni dan benar dapat menyesatkan. Ketaatan total harus selalu menyatu (integrated) dengan kasih, keadilan dan keselamatan bagi sesamanya. Sebab ketaatan yang dilandasi oleh kasih, keadilan dan keselamatan bagi sesamanya senantiasa dibuktikan dengan kesediaannya untuk berkorban bagi sesamanya, dan bukan mengorbankan orang lain demi kepentingan dan kebenaran diri sendiri. Untuk itu ketaatan yang mau berkorban bagi sesamanya senantiasa dilandasi oleh kemampuan untuk mendengar suara dan kehendak Allah.

Roma
6:16 Apakah kamu tidak tahu, bahwa apabila kamu menyerahkan dirimu kepada seseorang sebagai hamba untuk mentaatinya, kamu adalah hamba orang itu, yang harus kamu taati, baik dalam dosa yang memimpin kamu kepada kematian, maupun dalam ketaatan yang memimpin kamu kepada kebenaran?

II Tesalonika
1:7 dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diri-Nya bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya, dalam kuasa-Nya, di dalam api yang bernyala-nyala,
1:8 dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita.
1:9 Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya,

I Samuel
12:15 Tetapi jika kamu tidak mendengarkan firman TUHAN dan kamu menentang titah TUHAN, maka tangan TUHAN akan melawan kamu dan melawan rajamu.