Selasa, 16 Maret 2010

Pendekatan yang berbeda tentang berpuasa

Kebiasaan berpuasa biasanya ber-orientasi ke arah hal-hal umum misalkan pantang makanan atau televisi. Tetapi ada banyak cara kreatif lainnya dan kita dapat menyambut Yesus dengan puasa ini. Berikut adalah beberapa saran yang Anda mungkin ingin pertimbangkan dan lakukan.


1. Berpuasa dari kemarahan dan kebencian. Berikan keluarga Anda dosis tambahan cinta setiap hari.
=(Amsal 14:29). 'Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.'


2. Berpuasa dari menilai orang lain. Sebelum membuat penilaian ingat bagaimana Yesus mengabaikan kesalahan dan sekali lagi kesalahan.
=(Matius 7:3) 'Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?'


3. Berpuasa dari kekecewaan. Berpegang pada janji Yesus bahwa Dia mempunyai rencana yang sempurna untuk hidup Anda. 
=(Yeremia 29:11) 'Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.'


4. Berpuasa dari mengeluh. Bila Anda menemukan diri Anda sendiri tentang mengeluh, tutup mata Anda dan ingat saat-saat kebahagiaan dan berkat-berkat Yesus telah diberikan kepada Anda.
= (Matius 11:28) 'Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. '


5. Berpuasa dari kebencian atau kepahitan. Mengampuni orang-orang yang mungkin telah menyakiti Anda sadar atau tidak sadar.
=(Efesus 4:31) 'Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan'


6. Berpuasa dari menghabiskan terlalu banyak uang. Cobalah untuk mengurangi pengeluaran dengan sepuluh persen dan memberikan tabungan ini kepada orang miskin.
=(Amsal 21:20). Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya.

7. Berpuasa dari godaan dan kesalahan masa lalu. Mintalah kekuatan dan hikmat dari Tuhan.
= (Lukas 9:62) 'Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."