Senin, 28 Juli 2008

TETAPLAH TINGGAL DALAM HIDUP ROHANI YANG DIBERKATI TUHAN

MAKALAH FAMILY ALTAR – 2008
GEREJA BETHANY INDONESIA
Jl. Nginden Intan Timur I / 29 Surabaya – Telpon : 031 - 5936880


EDISI 27: 21 JULI 2008
TAHUN PENUAIAN

Thema : WARNA HIDUP KRISTEN
Ayat Hafalan : WAHYU 3 : 11
Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu,
supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.

Menghafal dan Membaca Ayat Minggu Lalu : Matius 13 : 8
Menghafal dan Membaca Ayat Minggu Ini : WAHYU 3 : 11

PENDAHULUAN : - 4 menit -


Kita harus diingatkan kembali bahwa kita hidup dalam jaman akhir; yaitu dimana kedatangan Tuhan sudah dekat. Dan tentunya kita juga semakin waspada dengan corak/ gaya hidup kita sebagai orang percaya. Banyak orang beranggapan hidup ini harus mengikuti perkembangan jaman, modernisasi, up to date, dll. Sehingga warna hidup kekristenan sadar atau tidak sadar lama kelamaan juga menjadi pudar. Orang kristen tidak lagi memiliki hidup rohani yang murni. Cobalah kita perhatikan dengan benar ; lebih suka pergi ke Mall atau Gereja ? Berjalan-jalan dihari minggu atau ibadah ? Menabur atau berbelanja/ shoping ? dll.

Dalam jaman akhir ini, seharusnya kita tidak boleh kehilangan gaya hidup gereja mula-mula, yang hidup senantiasa mengandalkan Tuhan. Janganlah kita ini menjadi tawar dan stagnan/ beku rohani. Bagaimana seharusnya ??

A. TELADAN GEREJA MULA-MULA
Bacaan : KISAH RASUL 2 : 42 - 5 menit -
Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

• Gereja mula-mula mengajarkan bagaimana mereka mengalami pertumbuhan yang sangat pesat baik secara kwalitas dan kwantitas rohani mereka. Gereja mengalami berkat-berkat rohani luar biasa.
• Gereja sekarang (melalui FA) akan bisa bertumbuh dengan pesat jikalau kita tidak meninggalkan warna rohani gereja mula-mula itu : mereka tekun bersekutu (setia) , hidup dalam kesatuan hati dan suka berdoa.
• Kwalitas rohani yang mereka utamakan kemudian secara otomatis juga kwantitasnya ditambahkan. FA kita harus ditambahkan warna rohani yang lebih baik dihadapan Tuhan.

Ayat Pendukung : I Petrus 2 : 2  Selalu rindu yang rohani .


B. KESUKAAN ROHANI YANG BAIK
Bacaan : KISAH RASUL 2 : 45 (42 – 47) - 5 menit -
dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.

• Kesukaan Rohani yang dimiliki gereja mula-mula adalah sebagai warna rohani yang tidak akan pudar. Mereka suka berdoa, bersekutu, mendengarkan firman Tuhan, menabur harta yang baik kepada rumah Tuhan dan orang miskin, dll.
• Gereja diberkati maka jemaatpun akan diberkati atau sebaliknya. Jemaat bertumbuh dalam kerohanian yang baik saat dunia menghimpit dalam aniaya. Tetapi pada saat di ”bebaskan” mereka mulai mengalami perubahan warna hidup, lupa untuk bersandar pada Tuhan (=kendor)
• Kesukaan Rohani Kristen tidaklah boleh Pudar.

Ayat Pendukung : II Tesalonika 1 : 3-4  Tidak menjadi kendor.

- Jikalau kita mau mengeluarkan Uang ? Lebih untuk siapakah/ apakah hal itu? Untuk pekerjaan Tuhan atau untuk kebutuhan hobi jasmani yang mahal ?

. MEMBACA FIRMAN TUHAN/ ALKITAB
Bacaan : MAZMUR 1 : 2 - 5 menit -
tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

• Jaman sekarang banyak sekali buku novel/ komik yang menarik bermunculan. Dan bahkan renungan rohani, pengetahuan rohani juga ada diterbitkan; akan tetapi apakah kalau kita membaca buku-buku tersebut kita akan mengesampingkan ALKITAB ?
• Jangan merasa cukup membaca banyak buku teologia, dan melupakan Alkitab . Kita harus tetap juga Membaca Alkitab dengan rutin dan setia, sama halnya makanan kita sehari-hari.
• Membaca, merenungkannya adalah warna orang kristen juga, janganlah diganti dengan sumber suplemen bacaan lainnya. Alkitab bagi kita tidak akan tergantikan.
• FA harus mencanangkan Pembacaan Firman Tuhan yang rutin bagi pertumbuhan rohani kita. Jangan lelah membaca firman Tuhan.

Ayat Pendukung : Yosua 1 : 8  merenungkan firman Tuhan senantiasa

PENUTUP : - 3 menit - TETAPLAH BERDOA !!

1 PETRUS 4:7  Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.